PROGRAM UNGGULAN

DASAR PEMIKIRAN

Kelas unggulan adalah sejumlah siswa yang karena prestasinya menonjol, dikelompokan dalam satu kelas khusus. Sistem pelaksanaan pembelajaranya dengan menerapkan kurikulum plus ditambah pendalaman materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan beberapa ekstra kurikuler untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan para siswa. Pembelajaran unggul dapat memudahkan dalam membina dan mengembangkan kecerdasan, keterampilan, kemampuan, bakat, minat, sikap dan perilaku siswa agar siswa memiliki indikator prestasi yang tinggi dan unggul sesuai dengan potensinya.

Pembelajaran unggul dikelas unggulan bertujuan:

  1. Mempersiapkan siswa yang cerdas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki budi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta sehat jasmani dan rohani.
  2. Memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata normal untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa.
  3. Memberikan kesempatan kepada siswa agar lebih cepat mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan sesuai dengan perkembangan pembangunan.
  4. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi baik.
  5. Mempersiapkan lulusan kelas unggulan menjadi siswa yang unggul sesuai dengan perkembangan mental siswa.

Memasuki kelas unggulan seorang siswa harus lulus seleksi yang diadakan oleh sekolah. Mereka juga dinyatakan dapat memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk lolos ke kelas unggulan. Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh siswa-siswa kelas unggulan adalah sebagai berikut.

  1. Merupakan siswa berprestasi dikelasnya berdasarkan jumlah nilai raport.
  2. Lulus tes kemampuan akademik, psikologi dan kesehatan sesuai dengan alat seleksi yang terstandar.
  3. Memiliki bakat dan minat serta prestasi yang unggul dikelasnya.
  4. Mendapatkan ijin tertulis dari orang tua siswa yang isinya juga harus patuh mengikuti tata tertib penyelenggaraan kelas unggulan dengan disiplin yang ketat.

 

 

PROGRAM KELAS UNGGULAN

Program ini menekankan pada pengembangan keterampilan dalam penelitian, berfikir kritis, dan menciptakan sebuah karya

 

Materi tambahan di program unggulan :

 

1.          TIK (Word, Power Point dan Aplikasi Editing Video)

2.          Public Speaking (Pidato, cerita, orasi, pembawa acara Formal dan nonformal)

3.          Public speaking english

4.          Rancangan Penelitian (Dasar melakukan penelitian)

5.          Menciptakan teknologi sederhana (Rekayasa Ilmu Pengetahuan)

6.          Melakukan riset dan penulisan laporan

7.          Ikut serta dalam KSN (Kompetisi Sains Nasional)

8.          Seminar motivasi kepenulisan

9.          Pembelajaran Di Luar Kelas (BMKG,dll)

 

METODE PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas unggulan lebih menekankan pada pendekatan active learning yang berorientasi siswa (students oriented). Dalam pendekatan seperti ini siswa merupakan pelaku aktif yang mengkonstruksi pengetahuan dengan segenap potensi yang dimilikinya. Guru lebih berperan sebagai fasilitator, mediator, dan dinamisator. Jadi guru tidak diperankan sebagai subjek, melainkan sebagai mitra belajar siswa.

  

FAKTOR PENDUKUNG

1. Seleksi  Peserta Didik

Peserta Didik yang masuk Program Kelas mengikuti Seleksi meliputi Tes psikologi, tes akademik, nilai raport kelas 5 semester 1 dan 2, serta raport kelas 6 semester 1

 

2. Kualifikasi Pendidik/Fasilitator

Guru yang dipersiapkan menjadi Tenaga Pendidik di kelas Unggulan adalah guru yang memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan potensi peserta didik, berkepribadian luhur yang mampu menjadi teladan peserta didik, menguasai materi dan metode pengajaran yang variatif (aktive learning, CTL, konstuctivism), dapat mengoperasionalkan computer / Internet, berpikir terbuka dan disiplin, serta terus mengembangkan diri sehingga memiliki kompetensi optimal.

 

3. Forum-forum pertemuan guru dan orang tua

Dalam upaya terjalin komunikasi dan koordinasi yang harmonis antara sekolah dengan orang tua, maka secara rutin minimal setiap 4 (empat) bulan sekali diadakan pertemuan antara guru dan orang tua psesrta didik. Dalam forum pertemuan ini dilakukan berbagai kegiatan, seperti evaluasi, penampungan ide-saran, dan sebagainya.

 

4. Monitoring dan konsultan

Monitoring dilakukan secara berkala, dengan sasaran yang jelas sesuai tujuan penyelenggaraan. Monitoring bisa berupa briefing, curah gagasan (brainstorming), refleksi, pemantauan, diskusi dan sejenisnya. Guna medapatkan monitoring secara optimal, akan diupayakan adanya konsultan khusus penanganan program kelas unggulan.

 

5. Sumberdana

Dana yang diperlukan bagi kelancaran penyelenggaraan kelas unggulan ini berasal dari dana orang tua/wali dari peserta didik kelas unggulan.





JUDUL BERITA TERBARU

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN 2024 / 2025

FIKSI GENERASI 3 (2025)

SMPI BERPRESTASI

BERITA

FIKSI GENERASI 3 (2025)

02 Dec 2024

Dibaca 973 Kali | 02 Dec 2024

Selengkapnya

SMPI ALMAARIF 01 SINGOSARI GELAR SOSIALI...

13 Nov 2024

Dibaca 167 Kali | 13 Nov 2024

Selengkapnya

Ikhtiar Batin rutin Pengurus YPA, bersam...

11 Oct 2024

Dibaca 849 Kali | 11 Oct 2024

Selengkapnya

SMPI Almaarif 01 Singosari Raih 5 Medali...

07 Oct 2024

Dibaca 825 Kali | 07 Oct 2024

Selengkapnya

SMPI BERPRESTASI

05 Oct 2024

Dibaca 613 Kali | 05 Oct 2024

Selengkapnya

SMP NU Al-Hikmah Tumpang Melakukan Kunju...

27 Aug 2024

Dibaca 438 Kali | 27 Aug 2024

Selengkapnya