DASAR
PEMIKIRAN
Kelas unggulan
adalah sejumlah siswa yang karena prestasinya menonjol, dikelompokan dalam satu
kelas khusus. Sistem pelaksanaan pembelajaranya dengan menerapkan kurikulum
plus ditambah pendalaman materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika,
IPA dan beberapa ekstra kurikuler untuk mengembangkan minat, bakat dan
kemampuan para siswa. Pembelajaran unggul dapat memudahkan dalam membina dan
mengembangkan kecerdasan, keterampilan, kemampuan, bakat, minat, sikap dan
perilaku siswa agar siswa memiliki indikator prestasi yang tinggi dan unggul
sesuai dengan potensinya.
Pembelajaran unggul
dikelas unggulan bertujuan:
Memasuki kelas
unggulan seorang siswa harus lulus seleksi yang diadakan oleh sekolah. Mereka
juga dinyatakan dapat memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan untuk lolos
ke kelas unggulan. Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh siswa-siswa kelas
unggulan adalah sebagai berikut.
PROGRAM
KELAS UNGGULAN
Program
ini menekankan pada pengembangan keterampilan dalam penelitian, berfikir
kritis, dan menciptakan sebuah karya
Materi
tambahan di program unggulan :
1.
TIK (Word,
Power Point dan Aplikasi Editing Video)
2.
Public
Speaking (Pidato, cerita, orasi, pembawa acara Formal dan nonformal)
3.
Public
speaking english
4.
Rancangan
Penelitian (Dasar melakukan penelitian)
5.
Menciptakan
teknologi sederhana (Rekayasa Ilmu Pengetahuan)
6.
Melakukan
riset dan penulisan laporan
7.
Ikut serta
dalam KSN (Kompetisi Sains Nasional)
8.
Seminar
motivasi kepenulisan
9.
Pembelajaran
Di Luar Kelas (BMKG,dll)
METODE
PEMBELAJARAN
Metode
pembelajaran yang diterapkan pada kelas unggulan lebih menekankan pada
pendekatan active learning yang berorientasi siswa (students oriented). Dalam
pendekatan seperti ini siswa merupakan pelaku aktif yang mengkonstruksi
pengetahuan dengan segenap potensi yang dimilikinya. Guru lebih berperan
sebagai fasilitator, mediator, dan dinamisator. Jadi guru tidak diperankan
sebagai subjek, melainkan sebagai mitra belajar siswa.
FAKTOR
PENDUKUNG
1. Seleksi
Peserta Didik
Peserta
Didik yang masuk Program Kelas mengikuti Seleksi
meliputi Tes psikologi, tes akademik, nilai raport kelas 5 semester 1 dan 2, serta
raport kelas 6 semester 1
2.
Kualifikasi Pendidik/Fasilitator
Guru yang
dipersiapkan menjadi Tenaga Pendidik di kelas Unggulan adalah guru yang
memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan potensi peserta didik,
berkepribadian luhur yang mampu menjadi teladan peserta didik, menguasai materi
dan metode pengajaran yang variatif (aktive learning, CTL, konstuctivism),
dapat mengoperasionalkan computer / Internet, berpikir terbuka dan disiplin,
serta terus mengembangkan diri sehingga memiliki kompetensi optimal.
3.
Forum-forum pertemuan guru dan orang tua
Dalam
upaya terjalin komunikasi dan koordinasi yang harmonis antara sekolah dengan
orang tua, maka secara rutin minimal setiap 4 (empat) bulan sekali diadakan
pertemuan antara guru dan orang tua psesrta didik. Dalam forum pertemuan ini
dilakukan berbagai kegiatan, seperti evaluasi, penampungan ide-saran, dan
sebagainya.
4. Monitoring
dan konsultan
Monitoring
dilakukan secara berkala, dengan sasaran yang jelas sesuai tujuan
penyelenggaraan. Monitoring bisa berupa briefing, curah gagasan
(brainstorming), refleksi, pemantauan, diskusi dan sejenisnya. Guna medapatkan
monitoring secara optimal, akan diupayakan adanya konsultan khusus penanganan
program kelas unggulan.
5.
Sumberdana
Dana yang
diperlukan bagi kelancaran penyelenggaraan kelas unggulan ini berasal dari dana
orang tua/wali dari peserta didik kelas unggulan.