DASAR PEMIKIRAN
Q.S. Al Hijr:9,
yang artinya: Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan pasti Kami
(pula) yang memeliharanya.
Allah membolehkan
seseorang memiliki rasa iri terhadap para ahlul Quran, “Tidak boleh seseorang
merasa iri kecuali dalam dua perkara, iri terhadap seseorang yang diajarkan
oleh Allah kepadanya Al Quran kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang,
sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata Andaikan aku
diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si
fulan berbuat.
Rasulullah lebih
mengutamakan para sahabatnya yang hafal Al Quran jika beliau mengutus
sekelompok orang beliau berpesan Hendaknya yang menjadi pemimpin kalian adalah
yang paling banyak hafalan Al Qurannya. (HR. Bukhari).
TARGET
Target kompetensi lulusan memiliki hafalan minimal 5 juz
TENAGA PEMBIMBING
Model pembelajaran tahfidz adalah berkelompok. Setiap kelompok dibimbing oleh seorang pembimbing (musyif). Idealnya satu kelompok terdiri dari 10 s/d 12 orang.Jika tidak memungkinkan, batas toleransi maksimal adalah 15 orang per kelompok. Dan nantinya jumlah tenaga pembimbing menyesuaikan jumlah kelompok.
STRATEGI MENGHAFAL
Beberapa strategi
berikut hanya sebagai referensi atau acuan. Dapat dikembangkan sesuai kebijakan
masing-masing musyrif dan perkembangan situasi.
PEMBINAAN AWAL SISWA BARU
Sebagai pra
pembelajaran, siswa baru memerlukan awal yang akan mempersiapkan mereka dalam
mengikuti kegiatan tahfidz, yakni sebagai berikut :
SERTIFIKASI TAHFIDZ KERJA SAMA DENGAN
HTQ UIN MALANG
SUMBERDANA
Dana yang
diperlukan bagi kelancaran penyelenggaraan program kelas
tahfidz ini berasal dari dana orang tua/wali
dari peserta didik kelas Tahfidz.