Singosari, 16 Juli 2025 – Dalam upaya memperkuat sinergi antar unsur pendidikan di sekolah, SMPI Almaarif 01 Singosari menyelenggarakan rapat koordinasi antara wali kelas, tim kesiswaan, dan tim kurikulum. Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan visi dan strategi dalam pendampingan tumbuh kembang siswa secara menyeluruh, baik dari aspek akademik, karakter, maupun sosial emosional.
Rapat berlangsungdengan suasana kolaboratif dan penuh semangat. Seluruh wali kelas dari kelas 7 hingga kelas 9, beserta jajaran tim kesiswaan dan tim kurikulum hadir aktif dalam diskusi yang difasilitasi oleh pimpinan sekolah.
Kepala SMPI Almaarif 01 Singosari dalam sambutannya menyampaikan bahwa sinergi antara wali kelas, kesiswaan, dan kurikulum adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa secara utuh. “Tumbuh kembang siswa tidak hanya diukur dari nilai akademik, tetapi juga dari pembentukan karakter, kedisiplinan, kemandirian, dan kemampuan sosial. Semua itu butuh kerja sama lintas tim,” ujarnya.
Dalam rapat ini, tim kurikulum memaparkan strategi implementasi kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Fokus diberikan pada diferensiasi pembelajaran, penguatan literasi-numerasi, serta integrasi nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran.
Sementara itu, tim kesiswaan mempresentasikan rencana program pembinaan kedisiplinan, tata tertib, pengembangan bakat minat, serta pencegahan perilaku menyimpang. Pendekatan yang digunakan bersifat edukatif dan solutif, dengan mengedepankan pendampingan personal dan kerja sama antara sekolah, orang tua, serta siswa.
Wali kelas, sebagai garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan siswa setiap hari, menyampaikan masukan dari pengalaman mereka selama mendampingi peserta didik. Mereka menyoroti pentingnya forum diskusi rutin dan kecepatan dalam komunikasi lintas tim saat menghadapi kasus-kasus yang memerlukan intervensi segera.
Salah satu hasil konkret dari rapat ini adalah pembentukan sistem pelaporan dan pemantauan perkembangan siswa berbasis kolaboratif, di mana informasi dari kurikulum, kesiswaan, dan wali kelas akan terintegrasi dalam satu data induk siswa. Sistem ini diharapkan menjadi alat bantu dalam merancang intervensi pembelajaran, pembinaan karakter, hingga layanan konseling secara lebih tepat sasaran.
Dengan terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang lebih erat antar unsur sekolah, SMPI Almaarif 01 Singosari optimis dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih holistik, ramah anak, dan adaptif terhadap perubahan zaman.
Rapat ditutup dengan komitmen bersama untuk terus memperkuat kerja sama dan menjaga semangat kolaborasi demi mendampingi siswa menjadi pribadi yang berilmu, berkarakter, dan berdaya saing.